me.JPGAlhamdulillah, edu/prog/center sudah mulai bertahap untuk meluaskan dan menjalankan aspek pusat kegiatanmya, sesuai dengan Visi dan Misi edu/prog/center.

Berangkat dari concern akan kualitas proses belajar dan mengajar di sekolah, kali ini kami membentuk kerangka fondasi untuk Training Center edu/prog. Semoga ini merupakan langkah maju dalam membangun kualitas pendidikan di Indonesia.

Bentuk kepedulian edu/prog/center terhadap pendidikan untuk generasi mendatang tidak lepas dari kepedulian dalam meningkatkan kualitas guru sebagai fasilitator dalam proses belajar mengajar dan mendidik.

Perkembangan dunia pendidikan haruslah dipahami oleh guru dan calon guru. Hal ini dimungkinkan bagi mereka untuk membuka wawasan pendidikannya. Diharapkan dengan meningkatnya pemahaman mereka terhadap kemajuan pendidikan, mereka akan dapat meningkatkan kreativitas dan kualitas mendidiknya.

Hal yang sangat penting yang perlu diingat adalah: hasil dari proses pendidikan yang sekarang adalah sesuatu yang belumlah tentu bisa dipetik sekarang, tapi akan meresap dalam otak dan hati nurani anak, yang akan berguna dalam kehidupannya di masa mendatang. Agar anak mendapat pendidikan yang berkualitas maka dibutuhkan guru yang lebih berkualitas. 

[Drs. Teguh Winarto, MBA]

Kegiatan Training Center edu/prog

* Weekend Workshop

Workshop ini diperuntukkan bagi calon guru dan mahasiswa yang tertarik ingin menyelami profesi guru. Hal ini merupakan langkah awal bagi calon guru atau mahasiswa dalam membekali diri untuk lebih siap terjun di lapangan.

Weekend Workshop dilakukan di akhir pekan pada bulan-bulan tertentu, pada hari Kamis sampai Sabtu. Workshop ini dapat membuka atau memperkaya wawasan, pengetahuan dan keterampilan peserta tentang perkembangan dunia pendidikan dan bagaimana mensiasati diri menjadi guru yang diharapkan di lapangan.

Worskhop ini berupa small group workshop. Peserta workshop terbatas, dengan jumlah maksimal 20 peserta dan minimal 10 peserta. Hal ini dilakukan agar pencapaian target dan tujuan workshop dapat lebih optimal.

Workshop terbagi menjadi tiga kelas yang berjenjang, yaitu:

1. Kelas Basic

Materi

1. Paradigma Pendidikan
2. Pemaparan Kurikulum
3. Kompetensi Guru
4. Ide Mengajar Bahasa dan Sains
5. Ide Menagajar Sosial dan Matematika
6. Assessment
7. Tips Wawancara: Performance, Speaking dan Praktek

2. Kelas Intermediate

Materi

1. Supporting Knowledge: Multiple Intelligences
2. Classroom Management
3. Rencana Mengajar
4. Ide Mengajar Bahasa dan Science Pengayaan
5. Ide Mengajar Social Studies dan Matematika Pengayaan
6. Assessment yang efektif
7. Tips Wawancara: Queation Area, Strategi Menjawab dab Praktek

3. Kelas Advanced

Materi

1. Supporting Knowledge: Blooms Taxonomy
2. Supporting Knowledge: Brain Base Learning
3. Rencana Mengajar
4. Microteaching 1
5. Microteaching 2
6. Assessment Rubric
7. Wawancara Persiapan dan Real World Wawancara

* By Request Workshop

Training atau workshop pendidikan yang dilakukan di beberapa sekolah atau lembaga tertentu atas dasar request / permintaan. Workshop diperuntukkan bagi guru, kepala sekolah, managemen sekolah atau yayasan.

Materi workshop dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan sekolah atau lembaga yang bersangkutan.

General:

Paradigma Pendidikan, Kompetensi Guru, Team Building, Deal dengan Anak, Deal dengan Remaja, Restitusi, Writinng Process, Leadership, Bullying Free School

Kurikulum:

Pemaparan Kurikulum, Contextual Teaching Learning, Active Learning, Bedah Kurikulum – Program Pengajaran, Lesson Overview, Integrated Study

Ide Mengajar:

Ide Mengajar Sains, Scoial Studies, Math, Language, Religion, Computer, Art and Craft, Reading, Literatur, Math Teaching Standard

Pengetahuan Pendukung Guru:

Learning Style, Multiple Intelligences, Brain Based Learning, Happy Brainstorming, Learning How To Learn, Bloom’s Taxonomy, Classroom Management, Problem Based Learning, Collaborative Learning, Inquiry Base Learning, Designing Bulltein Borad

Assessment:

Assessment Overview, Rubrik, Tests, Performance Tasks, Test Taking Skills

* T2T – Training to Trainer Workshop

Training ini dilaksanakan satu hari penuh, di hari Sabtu atau Minggu. Training ini membahas tentang bagaimana langkah maju seorang guru ke step lebih tinggi, yaitu mensiasati diri untuk menjadi trainer. Peserta mendapatkan training tentang Hints to be a smart trainer. Penggalian pengetahuan bagaimana menjadi smart trainer, hal-hal yang harus diperhatikan sebagai trainer dan eksplorasi pengetahuan, keterampilan dan talenta.

Training ini ditujukan kepada guru, manajemen sekolah dan umum yang concern akan peningkatan diri dan kemajuan profesinya.

* One Day Workshop

Training yang berupa workshop ini diselenggarakan satu hari untuk materi tertentu. Materi training masih dalam ruang lingkup pendidikan seperti pada By Request Workshop.

One Day Workshop diperuntukkan juga bagi siswa

Materi yang diajarkan untuk siswa antara lain:

1. Leadership for Kids
2. Learning How To Learn
3. Sex Education: Who am I?
4. Say No to Smoke
5. Say No to Drugs
6. Motivation
7. Exploring Sciences
6. Sharpening Social Skills
7. Knowing Yourself
8. Expressing Arts
9. Writing Workshop
10. Go Green World.

* Enjoy Learning Workshop

Workshop ini mengupas bagaimana menjadi guru yang selalu dapat menghadirkan pembelajaran yang menarik dan menantang kreaticitas siswa. Pserta akan eksplorasi pengetahuan menjadi guru yang profesional, memahami program dan pendekatan belajar yang menarik dan menyenangkan, memahami konsekuensi sebagai guru, menghargai profesi guru, memahami arti pendidikan yang mentransfer ruh pendidikan, bagaimana menjadi role model dan eksplorasi ide mengajar melalui berbagai variasi metode.

Workshop ini dilaksanakan satu hari penuh di hari Sabtu atau Minggu. Pesertanya adalah guru, calon guru, mahasiswa atau umum.

* Curriculum Map Guidance

Program guidance untuk kurikulum ini ditujukan kepada guru senior, koordinator, kaur, tim kurikulum sekolah, wakil kepala sekolah, kepala sekolah dan umum.

Workshop ini dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan. Workshop ini bertujuan untuk memberikan peserta wawasan tentang kurikulum, fungsi dan bagaimana mengeset kurikulum KTSP yang berkualitas. Peserta juga diarahkan untuk dapat melakukan bedan, analisa dan pemetaan kurikulum sesuai dengan kebutuhan sekolah dan berkualitas.


Semoga langkah pembentukan Training Center ini merupakan salah satu cara yayasan pendidikan edu/prog/center dalam medukung pembangunan kualitas pendidikan di Indonesia, melalui pembangunan kualitas sumber daya manusia.